Jumat, 19 Mei 2017

Ulasan 1 - Week 03

Pada ulasan pertama saya akan membahas tentang Kernel, yaitu salah satu proses booting pada linux. Referensi video saya adalah dari Gary Sims (url: https://youtu.be/mycVSMyShk8) video ataupun ulasan ini diharapkan pembaca dapat memahami lebih dalam tentang peran Kernel pada proses booting pada linux. Video dengan judul "What is a Kernel - Gary explains" ini berdurasi selama 9 menit 49 detik, terhitung sejak 19 Mei 2017 18:25 video ini telah ditonton sebanyak 137,635x. Video ini akan menjelaskan tentang peran Kernel dalam proses booting. Penjelasan dalam video ini dapat membantu pembaca untuk memahami khususnya peran Kernel dan proses booting pada umumnya.

Pada video ini dijelaskan bahwa Kernel merupakan proses dasar untuk booting bukan hanya pada CPU tetapi pada setiap wearable device dan IOT device (misalnya: bluetooth, file system, networking) karena Kernel merupakan CPU resources, memory resources, dan the processes dari setiap komputer. Terdapat 2 teori yaitu monolithic kernel (linux) dan micro kernel, monolithic kernel berarti semua hal yang dilakukan (device driver, file system, memory) dalam satu program menggunakan satu memory space, sedangkan micro kernel berarti semua hal yang dilakukan (device driver, file system, networking) dilakukan pada user level program dimana kernel hanya memberi perintah kepada setiap elemen yang berada pada user level program tersebut.

Menurut saya, video tersebut dapat membuka wawasan kita tentang Kernel dalam proses booting. Penjelasan yang diberikan dilihat dari 2 sudut pandang teori sehingga pendengar dapat membandingkan secara langsung apa beda dari 2 teori tersebut dan setiap teori baiknya diterapkan pada device atau operating system yang mana, selain itu video tersebut tidak membosankan karena pembicara (Gary Sims) langsung mengintegrasikan Kernel kepada device yang orang awam tahu, jadi dapat langsung dibayangkan bagaimana peran Kernel pada proses booting.

GITHUB Account : ammarshidqi
URL Ulasan : http://ammar-shidqi.blogspot.com/2017/05/ulasan-1-week-03.html
URL Konten YouTube : https://youtu.be/mycVSMyShk8
Video Author : Android Authority
Pemetaan Konten : Week 03
Revisi Pertama : 19 Mei 2017
Revisi Terakhir : 19 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar